Ber Budi Luhur & Luhuring Budi Adalah amalannya orang Iman

 Ber Budi Luhur & Luhuring Budi

===========================

(Adalah amalannya orang Iman)



Sering kita mendengar bahkan membaca tulisan2 yang menodai makna Budi Luhur. Seolah budi luhur itu adalah kepura2an, dan Ngapusi. Kemudian dibumbui fitnah macam2, sehingga makna budi luhur menjadi KABUR. 


Ini salah besar... dan Ngawur ...


Sebab, sejatinya agama islam ini adalah agama Rohmatan lil alamin. Nabi Muhammad SAW diturunkan salah satunya adalah untuk memperbaiki AKHLAK manusia, supaya baik budi pekertinya.


إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق 


“Sesungguhnya Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia”.


 قَالَ كُنَّا جُلُوسًا مَعَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو يُحَدِّثُنَا إِذْ قَالَ لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاحِشًا وَلَا مُتَفَحِّشًا وَإِنَّهُ كَانَ يَقُولُ إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلَاقًا


"Kami pernah duduk-duduk sambil berbincang-bincang bersama Abdullah bin 'Amru, tiba-tiba dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah berbuat keji dan tidak pula menyuruh berbuat keji, bahwa beliau bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling mulia akhlaknya."


Jadi sekali lagi ... Berbudi luhur adalah perintah Allah SWT dan ajaran Nabi muhammad SAW. 


Salah Besar jika Budi Luhur diartikan sebagai kepura²an dan Ngapusi, sebagaimana yang dipahami oleh orang yang gagal paham, sehingga hidupnya selalu nyinyir dan gak bisa move on. 


Inilah yang mendasari KH Nur Hasan Al Ubaidah selalu mewanti2 kepada para Jamaah supaya punya perilaku sebagai orang iman yang berbudi luhur, luhuring budi karna Allah.


Ajakan berbudi luhur Ini adalah ajakan dan ijtihad yang mulia dari seorang Imam kepada rokyahnya. Dengan berbudi luhur akan tercipta kehidupan yang RUKUN dan DAMAI, tidak ada yang merasa tersakiti, tdk ada yang merasa terdzalimi, tidak ada yang merasa tersinggung, merasa direndahkan, dst


Mari kita Viralkan lagi Ajakan Berbudi Luhur dalam kehidupan bermasyarakat, sbg menetapi dalil dalam QH, sebagai wujud implementasi dari orang Iman.


Mugo² Allah paring manfaat dan Barokah, amiin


Alhamdulillah Jazakumullahu Khoiro

Comments

Popular posts from this blog

Jasmerah = Jangan sekali-kali melupakan sejarah jokam

asal muasal / sejarah munculnya istilah KUSTUR.