BAHAN INSTROPEKSI AKHIR TAHUN

 BAHAN INSTROPEKSI AKHIR TAHUN

Bismillahirrohmannirrohiim,

Wahai Hamba-Hamba Allah yg beriman, pergantian tahun merupakan momen penting bagi kita untuk instrospeksi, melihat kembali apa yg telah kita kerjakan pada masa yang lalu untuk berbuat lebih baik Insya Allah di sisa waktu usai kita kedepannya. Ingatlah dan pahamilah kalimat hikmah dari Allah yg diberikan pada Rasulullah SAW ketika Isra dan Mi’raj berikut ini :

1. Janganlah Engkau gantungkan hatimu kepada dunia karena sesungguhnya Allah tidak menjadikan dunia ini untuk Engkau.
2. Jadikan cintamu hanya kepada Allah SWT semata, sebab tempat kembalimu hanya kepada Allah SWT.
3. Bersungguh-sungguhlah Engkau mencari surga.
4. Putuskan harapanmu dari makhluk karena sesungguhnya mereka itu sedikitpun tidak ada kuasa dan upadaya di tangan mereka.
5. Rajin mengerjakanlah sholat tahajjud (qiyamullail) karena sesungguhnya pertolongan itu beserta qiyamullail (Sholat malam).

Abu Bakar RA berkata “Sesungguhnya iblis berdiri di depanmu, jiwa di sebelah kananmu, nafsu di sebelah kirimu, dunia di sebelah belakangmu dan semua anggota tubuhmu berada di sekitar tubuhmu. Sedangkan Allah di atasmu. Sementara iblis terkutuk mengajakmu meninggalkan agama, jiwa mengajakmu ke arah maksiat, nafsu mengajakmu memenuhi syahwat, dunia mengajakmu supaya memilihnya dari akhirat dan anggota tubuh menagajakmu melakukan dosa. Dan Tuhan mengajakmu masuk Surga serta mendapat keampunan-Nya, sebagaimana firmannya yang bermaksud, "....Dan Allah mengajak ke Surga serta menuju keampunan-Nya..."

Siapa yang memenuhi ajakan iblis, maka hilang agama dari dirinya. Siapa saja yang memenuhi ajakan jiwa, maka hilang darinya nilai nyawanya. Barang siapa yg memenuhi ajakan nafsunya, maka hilanglah akal dari dirinya. Barang siapa yang memenuhi ajakan dunia, maka hilang akhirat dari dirinya. Dan Barang siapa yang memenuhi ajakan anggota tubuhnya, maka hilang surga dari dirinya.

Dan barang siapa yang memenuhi ajakan Allah, maka hilang dari dirinya semua kejahatan dan ia memperolehi semua kebaikan."

Iblis adalah musuh manusia dan sementara manusia adalah sasaran iblis. Oleh itu, manusia hendaklah sentiasa berwaspada karena iblis selalu sentiasa melihat tepat pada sasarannya.

Hikmah dari semua hal diatas yaitu hari berganti hari, tahun berganti tahun, tiada terasa begitu banyak hal-hal (amal sholih dana amal syar) yang telah kita perbuat, sedangkan usia semakin menggiring kita kepada kematian, tetapi tidak seorang pun dari kita yg mengetahui apakah amalannya (amal sholihnya) diterima oleh Allah atau justru ia tertolak sehingga menjadi orang yang merugi.

Semoga Allah paring manfaat dan barokah, Semoga kita diqodar Allah tetep bisa menetapi ibadah pd Allah berdasarkan AlQuran dan Alhadist dan diberi keimanan sampai ajal pol pati kita masing-masing. 
AAMIIN.....
 
Alhamdulillahi Jazakumullahu Khoiro
Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Comments

Popular posts from this blog

Ber Budi Luhur & Luhuring Budi Adalah amalannya orang Iman

Jasmerah = Jangan sekali-kali melupakan sejarah jokam

asal muasal / sejarah munculnya istilah KUSTUR.