BERPEGANG ERATLAH DENGAN TALI ALLAH


 BERPEGANG ERATLAH DENGAN TALI ALLAH

Bismillahirrohmannirrohiim.

Sedulur Jokam semuanya, sejatinya tidak ada yang mudah dalam mencari sesuatu yg sangat berharga (Surga). Ketika kita menginginkannya, pasti butuh perjuangan yang keras dan cerdas untuk meraihnya. Disaat kita berjuangpun, pasti ada saja masalah dan kesulitan yang menghadang. Bahkan terkadang kesulitan itu hampir membuat kita putus asa dan menyerah.

Tapi Ingatlah sedulur semua, agar kita selalu ingat bahwa Iblis setan laknat akan terus berusaha menggangu jalan lurus kita menuju Rabb, dia adalah musuh bebuyutan kita, dia bisa merasuk pada siapapun termasuk diri kita.

“Iblis berkata: ‘Karena Wahai Engkau (Allah) telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)”.
(QS. Al A’raf 16 – 17).

Ibnu Katsir menjelaskan yang dimaksud ayat 17 di atas adalah “Kemudian saya (Iblis) akan mendatangi mereka dari muka”: Iblis akan membuat manusia ragu akan permasalahan akhirat (Min baini Aidihim). “dan dari belakang mereka”: membuat mereka cinta kepada dunia (Wa Min Kholfihim). “dari kanan”: urusan-urusan agama akan dibuat tidak jelas (Wa ‘An Aimaanihim). “dan dari kiri mereka”: dan manusia akan dibuat tertarik dan senang terhadap kemaksiatan (Wa ‘An Syama’ilihim).

“Hai orang2 yang beriman, taatlah kalian kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah berpaling kalian daripada-Nya, sedangkan kalian mendengarkan (dalilnya).”
(QS. Al-Anfal 20).

Dari Abu Huroiroh RA, Rasulullah SAW bersabda, “Seluruh umatku akan masuk surga kecuali yang enggan”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah yang enggan (untuk masuk surga)?”. Beliau menjawab, “Barang siapa yang taat padaku maka ia akan masuk surga, dan barang siapa yang tidak mentaatiku berarti ia telah enggan (untuk masuk surga)”.
(HR. Bukhari).

Dari Anas bin Malik RA, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Surga itu diliputi dengan perkara-perkara yang dibenci (oleh jiwa) dan neraka itu diliputi dengan perkara-perkara yang disukai syahwat.”
(HR. Muslim).

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau. Dan sesungguhnya Allah akan menyerahkannya kepada kalian dan melihat apa yang akan kalian lakukan. Maka, berhati-hatilah kalian pada dunia, dan berhati-hatilah juga pada para wanita ! Karena fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil datang dari para wanita”.
(HR. Muslim).

Semoga Allah curahkan pd kita semua anugrah, rohmat, kebarokahan dan kesuksesan hidup dunia dan akhirat.
AAMIIN....

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Comments

Popular posts from this blog

Ber Budi Luhur & Luhuring Budi Adalah amalannya orang Iman

Jasmerah = Jangan sekali-kali melupakan sejarah jokam

asal muasal / sejarah munculnya istilah KUSTUR.