“Persiapkan Supaya Anak Melek Dunia Digital”

“Persiapkan Supaya Anak Melek Dunia Digital”

Dari riset yang telah dilakukan Yayasan Kita dan Buah Hati, Lebih dari 70% orang tua memberikan akses penggunaan gadget kepada anak tanpa mengetahui jelas tujuannya. Padahal, untuk menciptakan perilaku penggunaan sosial media yang sehat oleh anak, mereka harus memiliki tujuan yang jelas pula. Tujuan itu harus dirumuskan oleh orang tua dan disepakati juga oleh anak. Anak juga perlu diingatkan pada batas-batas penggunaan gadget dan akses sosial media, bimbingan dan pendampingan terkait dengan konten yang diakses oleh anak, pemantapan nilai keagamaan untuk membentengi moral dan perilaku anak, evaluasi penggunaan gadget oleh anak, serta perumusan kembali kesepakatan fasilitas gadget dengan anak.
Dari sisi parenting, berikut ini berbagai catatan penting orangtua untuk mempersiapkan anak melek dunia digital.

 1. Anak-anak yang kemudian lari ke media sosial boleh jadi dikarenakan anak kurang perhatian dan komunikasi dengan orang tuanya. Anak kurang mendapatkan perhatian, pengakuan, dan pujian dari orang tua.

 2. Ayah harus hadir pula dalam pengasuhan. Otak kiri Ayah berbicara pendek-pendek, tegas, tapi penuh cinta.

3. Tujuan pengasuhan harus jelas. Orang tua harus memiliki kurikulum pengasuhan untuk anak-anak mereka.


4. Komunikasi yang menyenangkan akan menyebabkan anak merasa berharga dan komunikasi yang benar akan melatih anak untuk memiliki internal control meliputi untuk dan atas nama anak itu sendiri.


5. Anak harus disiapkan untuk menjalani masa-masa pubertas. Sebelum anak memasuki masa sexually active anak, orang tua harus memberikan pemahaman mendasar kepada anak agar anak dapat menjaga dirinya sendiri.
 
 6. Orang tua harus membekali diri dengan literasi media digital untuk menghadapi era digital.
 
Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Ber Budi Luhur & Luhuring Budi Adalah amalannya orang Iman

Jasmerah = Jangan sekali-kali melupakan sejarah jokam

asal muasal / sejarah munculnya istilah KUSTUR.